Berbagai Respons terhadap Perintah


Menyimak untuk memahami perintah yang diungkapkan atau yang tidak dalam konteks bekerja. Sejalan dengan bervariasinya kepentingan manusia terhadap manusia yang lain sebagai wujud dinamika hubungan antar–manusia,  bentuk-bentuk perintah pun sudah menjadi suatu hal yang pasti dan selalu ditemui. Hanya dalam skala umum perintah yang biasa yang langsung bisa ditanggapi. Namun, sebenarnya pada lingkungan kalangan tertentu, bahasa perintah perlu dicermati karena belum tentu dipahami sebagai perintah biasa, seperti di dunia kerja.

Dalam dunia kerja, bentuk-bentuk perintah umumnya bersifat operasional kerja sehingga perintah tidak sertamerta bisa secara langsung dilaksanakan. Banyak ragam kalimat perintah menunjukkan banyaknya bentuk perintah yang diwujudkan melalui simbol bahasa. Sebagai alat komunikasi, tentu bahasa harus dapat menerjemahkan segala bentuk keinginan dan pilihan pemakainya, termasuk keinginan mendapatkan respons dari sebuah perintah yang disampaikan baik secara lisan maupun tertulis. 

Oleh karena itu, kita perlu mencermati dan mengenal bentuk-bentuk perintah agar respons yang dilakukan tidak menyimpang dari isi perintah. 

Langkah yang perlu kita tempuh dalam menanggapi perintah adalah sebagai berikut. 

  1. Membaca kembali isi perintah secara hati-hati, teliti, dan saksama. 
  2. Merumuskan/menuliskan kembali isi perintah. 
  3. Isi perintah ditulis dalam bentuk kerangka/bagan sehingga mudah dipahami.
  4. Membuat perencanaan dalam bentuk kerangka/tabel/bagan segala kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka memenuhi perintah.
  5. Meminta konfirmasi kepada pemberi perintah akan ketepatan rencana kegiatan yang telah disusun.

Berbagai Respons terhadap Perintah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Site Administrator