Contoh soal menyimak berita: Menyimak untuk Memahami Informasi Lisan dalam Konteks Bermasyarakat


Contoh soal menyimak berita ini dilengkapi dengan wacana dan soal-soal yang terdiri dari tiga soal mandiri, dua puluh soal pilihan ganda bahasa indonesia, dan sepuluh soal uraian.

Bacalah, atau simaklah wacana berikut ini:

Mengantisipasi Dampak Pemanasan Global, Pelajar pun Menanam Pohon

Contoh soal menyimak berita: Menyimak untuk Memahami Informasi Lisan dalam Konteks Bermasyarakat
Sedikitnya 24.000 pelajar SLTA (SMA dan SMK) di DKI Jakarta berkumpul di Dunia Fantasi Taman Impian Jaya Ancol untuk menghimpun diri dalam Club Pelajar Cinta Lingkungan “Teens Go Green”. Kekuatan pelajar ini digalang untuk memulai sekitar 400.000 pohon di DKI Jakarta.

Pelajar pilihan dari 80 SMA/SMK se-DKI Jakarta itu diharapkan bisa merekrut dan mementor rekan-rekannya untuk ikut peduli ancaman pemanasan global dan perubahan iklim dengan aksi nyata, seperti menanam pohon. “Rantai manusia” ini akan menjadi momentum kepedulian pelajar Ibu Kota terhadap persoalan serius lingkungan.

Berdirinya Club Pelajar Cinta Lingkungan itu dicanangkan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Sabtu, 1 / 12 di Panggung Maksima, Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol (TIJA). Acara itu terselenggara atas kerja sama TIJA, Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi DKI Jakarta, Yayasan Kehati, Harian Kompas, Warta Kota, dan Radio Prambors.

Fauzi mengatakan, kalau saat ini pelajar sudah menjadi pemelihara lingkungan, diharapkan lima tahun sampai 10 tahun mendatang, lingkungan akan lebih baik. Hari ini baru 80 SLTA besok seluruh sekolah SLTP dan SLTA di DKI Jakarta diharapkan bergabung.

Fauzi juga memaparkan program pengurangan polusi yang dijanjikan akan mampu mengurangi tingkat polusi sampai 30 persen. “Itu bisa dicapai salah satunya dengan mendorong penggunaan energi alternatif bahan bakar gas terutama untuk angkutan umum,” katanya. Terkait dengan program hutan bakau, Fauzi berjanji akan lebih banyak menanam bakau di pesisir.

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Budi Karya Sumadi mengatakan, 2.400 pelajar yang mendukung “Teens Go Green” ini akan menjadi inisiator pelajar peduli lingkungan. Mereka akan menanam dan memonitor lingkungan di Jakarta. Untuk menarik minat pelajar, anggota klub terpilih dari setiap SLTA akan mendapatkan fasilitas kartu bebas masuk semua wahana di Ancol.

Di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Ny Ani Yudhoyono bersama Ny Mufidah Kalla dan sekitar 1.000 perempuan lain juga serentak menanam berbagai jenis pohon langka. Penanaman pohon oleh Ny Ani Yudhoyono 
dan Ny Mufidah Kalla itu dilakukan bersama dengan tujuh organisasi 
perempuan di seluruh Indonesia pukul 08.00 WIB.

Tujuh organisasi perempuan yang bergabung dalam Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara 10 Juta Pohon adalah Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), Kongres Wanita Indonesia (KOWANI), Dharma Pertiwi, Bhayangkari, Dharma Wanita Persatuan, Tim Pengerak PKK, dan Aliansi Perempuan untuk Pembangunan Berkelanjutan. Selain para pejabat, penanaman 1.000 pohon di Cibubur mengerahkan anak sekolah dan anggota Pramuka.

Ny Ani Yudhoyono menanam pohon kecapi (Sandoricum koetjape), sedangkan Ny Mufidah Kalla menanam pohon jamblang (Syzygium cunini). Sebanyak 1.000 bibit pohon yang umumnya pohon langka untuk kegiatan penanaman di Cibubur disediakan Dinas Pertamanan dan Kehutanan DKI Jakarta. Usai penanaman serentak, Ny Ani melakukan konferensi jarak jauh dengan Ny Moenartinin T. Narang di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, yang serentak menanam 3.000 pohon dan Contantina Suai di Jayapura, Papua, yang serentak nenanam 4.000 pohon. “Jangan lupa pohon-pohon itu dipelihara dan disirami agar tumbuh dan bermanfaat,” ujar Ny Ani.

Tiga hari sebelumnya, dalam upaya menyelamatkan bumi dan menyambut Konferensi Para Pihak Ke-13 Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (COP-13/UNFCCC), Presiden Yudhoyono menanam pohon di Cibadak, Bogor, Jawa Barat, dalam gerakan menanam
79 juta pohon.

(Sumber : Kompas, 2 Desember 2007, dengan sedikit perubahan)


TUGAS MANDIRI :
Supaya Anda lebih memahami materi tentang Menyimak untuk Memahami Informasi Lisan dalam Konteks Bermasyarakat, kerjakanlah tugas-tugas berikut.

  1. Bacalah wacana di atas lalu, tulislah uraian yang termasuk fakta, opini, dan perincian.
  2. Carilah 4 jenis wacana yang menggunakan laras bahasa yang berbeda di koran atau majalah. Tulis atau tempelkan di buku tugas berikut sumber bacaannya. Setelah itu beri penjelasan.
  3. Carilah pula wacana yang berisi uraian proses dan hasil. Tulis atau tempelkan di buku tugas atau lembar kerja. 


UJI KOMPETENSI

I. Pilihlah jawaban yang paling tepat dari pernyataan di bawah ini!

1. Yang termasuk fakta adalah

a. Rumah yang terkena banjir berjumlah 92 buah.
b. Semua anak Indonesia wajib bersekolah.
c. Kita harus memberantas narkoba sampai ke akarnya.
d. Agar lingkungan kota bersih mari kita jaga kebersihan.
e. Jakarta rawan kecelakaan lalu lintas.

2. Seorang siswa SMK bercita-cita ingin masuk ke Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Alasan yang tepat untuk dapat masuk ke Fakultas Ekonomi di UI ialah

a. Keluarganya umumnya lulusan UI.
b. Nilai Matematika dan IPA saya selalu sangat memuaskan.
c. Lulusan Fakultas Ekonomi UI selalu dapat pekerjaan.
d. Saya akan mengembangkan bakat, minat, kemampuan di bidang ekonomi.
e. Setuju ekonomi sangat dibutuhkan oleh perusahaan.

3. Terjadi gerakan reformasi dan krisis ekonomi yang berkepanjangan di negeri ini telah membawa pengaruh dalam kehidupan sosial. Salah satu contoh negatif dari pengaruh itu adalah makin meluasnya kenakalan remaja. Berbagai tindakan kenakalan seperti kebut-kebutan, penggunaan obat-obat terlarang, pencurian, perampokan, sampai dengan tindakan asusila hampir setiap hari tertampung di surat kabar. Tentu saja kita tak boleh tinggal diam menghadapi peristiwa seperti ini.

Kalimat opini yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah

a. Maraknya aksi kebut-kebutan di Jalan Karangmenjangan setiap malam minggu meresahkan masyarakat sekitar dan pemakai kendaraan.
b. Berkali-kali gobang itu dibacokkan ke tubuh Dewi karena tidak mau menyerahkan sepeda motornya.
c. Sabtu dini hari, petugas Polres Surabaya menangkap empat “ayam”
ABG yang sedang beroperasi di hotel.
d. Para orang tua seharusnya memerhatikan lebih serius perilaku putranya untuk mengurangi perilaku yang menyimpang.
e. Minggu dini hari, petugas kepolisian berhasil mengamankan empat remaja yang kedapatan membawa cimeng (ganja) setelah melakukan razia.

4. Kalimat yang merupakan fakta khusus ialah

a. Indonesia belum memiliki kereta api bawah tanah.
b. Peristiwa itu terjadi pada pagi hari, Sabtu, 23 Juni 2007 di Pantai Indramayu.
c. Beberapa nelayan dinyatakan hilang saat melaut.
d. Para siswa harus melakukan ujian susulan karena sakit.
e. Kita harus menghormati orang tua dan guru.

5. Kalimat yang termasuk opini ialah

a. Indonesia belum memiliki kereta api bawah tanah.
b. Peristiwa itu terjadi pada pagi hari, Sabtu, 23 Juni 2007 di Pantai Indramayu.
c. Beberapa perairan pantai rusak akibat abrasi karena tidak dipelihara dengan baik.
d. Para siswa harus melakukan ujian susulan karena sakit.
e. Kita harus menghormati orang tua dan guru.

6. Gizi yang baik sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan kecerdasan, terutama untuk anak-anak balita dan usia sekolah. Dalam situasi krismon seperti sekarang, banyak anak usia sekolah yang perlu mendapatkan bantuan. Ibu-ibu pengajian mengadakan kegiatan sosial dengan nama “peduli balita”, misalnya pemberian minuman susu gratis dan pemberian makanan bergizi.

Pernyataan yang sesuai dengan fakta dalam bacaan di atas adalah

a. Kegiatan itu baik, tetapi apakah tidak menimbulkan kecemburuan sosial?
b. Kegiatan-kegiatan positif dalam menunjang perbaikan gizi balita perlu direalisasikan.
c. Sebaiknya, sebelum kita melaksanakan kegiatan, perlu dievaluasi untung dan ruginya.
d. Pikiran saya sejalan dengan gagasan Anda, yaitu bahwa fakta tentang anak putus sekolah perlu dicari.
e. Saya sependapat dengan Anda dan siap membantunya.

7. Bahasa yang dipakai di berbagai bidang ilmu dan masing-masing memiliki perbedaan disebut

a. ragam bahasa
b. bentuk bahasa
c. laras bahasa
d. gaya bahasa
e. unsur bahasa

8. (1) Di sini peran pendidikan sangat vital. (2) Pemberdayaan perempuan pun menjadi agenda dalam proses pembelajaran. (3) Para penentu kebijakan kurikulum mestinya berkaca pada agenda ini. (4) Data empiris dari ekonomi Marco Francesconi menganalisis dan British Household Panel Survey yang mendata 10 ribu individu dari 5.500 keluarga. (5) Penelitian dilakukan sejak 1991-1999. (6) Data ini menunjukkan bahwa pria yang sukses justru akan memilih dengan wanita karier yang bekerja keras.

Kalimat yang berisi fakta pada paragraf tersebut terdapat pada nomor:

a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (5)
d. (4) dan (6)
e. (3) dan (5)

9. Yang merupakan bahasa surat kabar ialah

a. Alfalfa mengandung klorofil yang bermanfaat bagi kesehatan  manusia.
b. Penelitian ini mengambil objek di daerah utara wilayah Cirebon.
c. Proses pemilihan kepala daerah berlangsung sangat tertib.
d. Kebakaran hanguskan puluhan rumah di Penjaringan Utara.
e. Rasa terima kasih kami sampaikan pada semua pihak yang telah membantu.

10. Ragam bahasa ilmu pengetahuan ialah

a. Kejadian ini melibatkan berbagai disiplin ilmu.
b. Drama kolosal itu digarap oleh sutradara Imam Tantowi.
c. Saturnus memiliki diameter kurang lebih 10 kali diameter bumi dalam tata surya.
d. Beberapa pekerja ikut tertimbun tanah longsor itu.
e. Gunung Semeru menunjukan aktifitasnya.

11. Ragam bahasa sastra ialah

a. Polisi dan Tim SAR belum menemukan nelayan yang hilang.
b. Lelaki umur tiga puluh tahun dan berjenggot itu masuk ke rumah makan itu dengan tenang.
c. Pasien rumah sakit itu memprotes adanya mal praktek yang terjadi padanya.
d. Tumbuhan anggur hidup di daerah tropis dengan kelembaban tertentu.
e. Hasil penyelidikan sementara menunjukkan ialah tersangkanya.

12. (1) Lain benalu lain pula cendana. (2) Kalau benalu dianggap bukan tanaman berharga, lain cerita dengan pohon yang bernama santalun album atau cendana. (3) Kayu berbau harum ini termasuk komoditi agak bernilai tinggi. (4) Jelas harganya mahal. (5) Sayangnya, populasinya makin menipis karena para penangkar mengalami kesulitan mengembangkannya. (6) Biji cendana sulit tumbuh. (7) Meski bijinya mudah berkecambah, cendana muda mudah mati.

Kalimat fakta dalam paragraf di atas terdapat pada nomor

a. 1 dan 3
b. 3 dan 5
c. 4 dan 6
d. 5 dan 6
e. 5 dan 7

13. Kalimat yang menyatakan hasil adalah

a. Rambutan itu mahal harganya.
b. Ia suka berkumpul dengan temannya di pangkalan itu.
c. Penghasilannya bisa mencapai lima juta rupiah per bulan.
d. Ia memendam perasaannya selama lima tahun.
e. Karangannya mendapat juara satu lomba mengarang tingkat kotamadya.

14. Kalimat yang menyatakan proses ialah

a. Pemerintah merencanakan membangun transportasi sungai di Jakarta.
b. Penantian yang panjang membuahkan hasil sangat mengharukan antara sang ibu dan anaknya.
c. Habis manis sepah dibuang.
d. Pengungsi korban lumpur Lapindo mengharapkan bantuan pemerintah.
e. Telah terjadi unjuk rasa besar-besar pada hari buruh sedunia.

15. Sejak jam tujuh pagi, ia mengikuti ... tentang narkoba.

Kata berimbuhan pe–an untuk pengisi titik-titik yang tepat adalah

a. pelajaran
b. pemberantasan
c. penanggulangan
d. penyuluhan
e. penelitian

16. Ia diminta pimpinan untuk menyerahkan ... keuangan bulan ini.
Kata berakhiran –an untuk pengisi titik-titik yang tepat pada kalimat di atas adalah

a. laporan
b. rincian
c. uraian
d. rancangan
e. bayaran

17. Karangan yang berisi uraian cara atau tahapan proses beserta pernyataan hasilnya disebut juga

a. narasi
b. argumentasi
c. deskripsi
d. persuasi
c. eksposisi

18. Kata hubung yang menunjukkan adanya proses yang berlangsung atau penandaan urutan waktu ialah di bawah ini, kecuali

a. selanjutnya
b. kemudian
c. setelah itu
d. lalu
e. dan lagi

19. Pemerintah kota dan DPRD menyepakati anggaran untuk pendidikan sekitar 23 persen tahun ini.
Akhiran –an pada kata anggaran berarti

a. sesuatu yang berkaitan dengan uang
b. hasil dari sesuatu yang dianggarkan
c. proses menganggarkan
d. hal penganggaran
e. masalah keuangan yang direncanakan

20. Kalimat yang berisi pemerian adalah

a. Ahmad membeli sepatu di Pasar Baru dan Jatinegara.
b. Barang itu dijual seharga Rp. 50.000 dan Rp. 30.000.
c. Ibu sedang menawar harga barang-barang rumah tangga.
d. Bibi membeli keperluan dapur berupa kecap, garam, gula pasir, dan cabe.
e. Barang-barang rumah tangga ini dapat dijual di pasar loak.


II. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan tepat dan benar!

1. Sebutkan jenis-jenis sumber informasi!
2. Sebutkan contoh bentuk informasi yang tergolong media cetak, sebanyak 5 buah!
3. Buatlah contoh uraian berisi fakta khusus!
4. Buatlah contoh uraian berisi opini atau konsep!
5. Buatlah contoh uraian yang bersifat pemerian berupa satuan kalimat atau bagian!
6. Faktor apa saja yang menyebabkan timbulnya ragam bahasa?
7. Buatlah dua kalimat yang menggunakan afiks/imbuhan yang menandakan proses dan hasil!
8. Buatlah kalimat yang menggunakan ragam semi formal, sebanyak 2 buah!
9. Buatlah 2 contoh yang bukan termasuk sumber informasi?
10. Bagaimana ciri-ciri sumber informasi yang baik?

Itulah contoh soal menyimak yang dapat dipelajari atau dijadikan soal dalam ulangan. Sumber, buku materi bahasa Indonesia SMK X.

Contoh soal menyimak berita: Menyimak untuk Memahami Informasi Lisan dalam Konteks Bermasyarakat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Site Administrator